Minggu, 13 November 2016

Software yang digunakan Illumination Mac Guff

Pada blog saya sebelumnya saya sudah merivew film animasi The Secret Life of Pets. Film ini sendiri diproduksi oleh Illumination Entertainment. Pada awalnya rumah produksi Illumination bekerja sama dengan partner mereka yang berasal dari Paris bernama Mac Guff Studio membuat film The Lorax. Setelah Film tersebut sukses dipasaran kemudian diikuti oleh kesuksesan film Despicable Me dan sequelnya Despicable Me 2. 

Illumination Mac Guff menghasilkan CG animasi komputer yang terdiri dari ratusan tibu gambar yang diproses oleh tim seniman mereka dan kemudian diberikan animasi digital untuk membuat setiap frame film. Faktanya, pada film Despicable Me, mereka menghasilkan 142TB data dan lebih dari 100 juta file. 

Proyek animasi ini akan berhasil tergantung pada solusi data storage yang sangat handal dan scaleable dengan kemampuan kinerja yang luar biasa untuk kapasitas yang cukup besar dan pengambilan media file yang cepat.

Illumination Entertainment dan Illumination Mac Guff yang sedang menjalani proyek, mereka harus menangani masalah back-end yang tak terduga  dengan solusi data storage yang sudah digunakan sekarang. Seiring dengan kebutuhan penyimpanan yang dibutuhkan oleh CG animasi yang terus berkembang, maka hal ini  juga berarti bahwa Illumination Mac Guff juga akan membutuhkan storage dengan kapasitas yang lebih besar dan  kinerja yang lebih besar.
“Kami tidak akan membayar untuk memiliki sesuatu yang akan menyebabkan delay. Kita harus memastikan bahwa file – file yang kita miliki selalu available pada saat proyek berjalan” Ungkap Bruno Mahe, Head of Technology untuk Illumination Mac Guff "Mengganti storage solution pada saat proyek berjalan adalah sangat tidak disarankan dalam operasional, namun kita harus menjamin bahwa existing storage kita dapat melanjutkan support dan development pada produk mereka. Kita mempunyai banyak requirement dan ingin untuk memilih solusi yang terbaik untuk dapat lebih maju” Kata Mahe

Solusi

Setelah mempertimbangkan beberapa produk storage yang potential, Illumination Mac Guff akhirnya mengkerucutkannya menjadi 2 vendor terpilih. “Kami hanya memilih vendor yang menawarkan level performance, scalability dan efisiensi yang kami rasa dapat memenuhi tujuan kami. Teknologi ini akan bekerja dengan semua software yang di develop oleh Illumination Guff, yang dirasa akan membantu kita untuk menyelesaikan proyek secara on time dan tetap dalam budget” Illumination Mac Guff akhirnya memutuskan pilihan pada Networked Storage Solution yaitu HITACHI NAS Platform 3090 untuk production. Fitur Data Migrator telah dipilih untuk data movement antara tiers dan HITACHI NAS Platform 3080 telah dipilih untuk mengukur business continuity.

Solusi ini telah memberikan beberapa benefit sebagai berikut:
·         Sistem ini mendukung akses dan operasi sepanjang 24/7, termasuk 109TB production storage, 8000 cores untuk proses render dan 140TB untuk backup. 

·  Sistem menyediakan intelligent tiered storage untuk kumpulan data yang dinamis dan mengembangkan virtualisasi storage menyelesaikan masalah dari availability dari large-scale file systems. Hal ini mengurangi biaya operasional.

·       Sistem telah menambahkan fungsi file system dengan capabilities point - to -point data transfer untuk menghindari kinfolk dan bottlenecks dalam rangka mencapai high performance
·    Untuk Disaster Recovery, Illumintation Mac Guff menggunakan BlueArc JetMirror untuk high speed replication dari data produk ke Hitachi NAS Platform 3080 yang berlokasi off-site

"HITACHI NAS PLATFORM memberikan kita cost of ownership yang render, protease data dan solusi storage yang dapat consistent kita andalkan tidak peduli dimanapun dan kapanpun" Ucap Mahe

Software yang digunakan

Sebelumnya belum ada yang mereview software apa yang digunakan oleh Illumination untuk membuat film animasinya. Namun melihat dari hasil dan kerumitannya, menurut saya production house ini menggunakan software keluaran dari Autodesk.

Autodesk adalah perusahaan software multinasional Amerika yang membuat software untuk arsitektur, konstruksi, manufaktur, media dan industri entertaiment. Autodesk sendiri berbasis di San Rafael, California.

Sebenarnya autodesk mengeluarkan banyak sekali software untuk berbagai macam divisi. Kali ini saya akan membahas divisi media dan entertaiment, divisi ini membuat software untuk visual effect, color grading dan editing untuk animasi, maupun pengembangan game. Pada divisi ini terapat software Maya dan 3Ds Max, keduanya digunakan untuk membuat visual effect dan pengembangan game.


  • Autodesk Maya
Autodesk Maya atau sering disingkat menjadi Maya, adalah software desain grafis 3D yang mampu dioperasikan pada Windows, Mac, dan Linux. Pada awalnya software ini dikembangkan oleh Alias System Corporation (Alias|Wavefront), namun saat ini berada di bawah Autodesk, Inc.
Sebagai software untuk membuat animasi 3D dan modeling dapat dikatakan Maya adalah yang terpopuler –dan sering dikatakan sebagai yang terbaik pada masa kini-, baik untuk modeling maupun animasi, khususnya character modeling dan animation. Selain itu, Maya juga sering digunakan untuk mendesain special effect untuk film.
Software ini sendiri sangat baik digunakan untuk kamu-kamu berkreasi dan membuat model. Maya juga memiliki alat simulasi yang memudahkan penggunananya. Tentunya banyak orang yang memanfaatkannya untuk animasi VFX karena kelebihannya.



·         Autodesk 3D Studio Max

3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.

Secara harfiah 3Ds max adalah kakak dari Maya dan sama-sama keluaran Autodesk. Dalam beberapa sisi, software ini lebih rumit dari Maya. Namun, cukup mudah digunakan dalam mode script untuk permainan, sehingga 3Ds max biasanya digunakan untuk membuat game.


Director Chris Renaud REVEALS

Berawal dari pertanyaan sederhana  CEO Illumination, Chris Meledandri yang pecinta anjing. Dia bertanya kepada Cris Renaud “Pernah gak sih kepikiran bikin film tentang kelakuan binatang peliharaan pas kita gak ada dirumah ?”. Kemudian Renaud memulai dari ide itu dan membuat The Secret Life of Pets. “Tantangannya itu konsepnya terlalu lebar. Apa yang mereka lakukan ? Apakah mereka memecahkan misteri ? Kita harus mencari tau itu, tapi kita maunya itu berhubungan, sebuah perayaan dari hubungan kita dengan binatang peliharaan kita.” Ide itu pertama didiskusikan pada musim panas 2012 setelah membangun cerita serta karakter, ini membutuhkan waktu 2 tahun lebih untuk di produksi.

Pembuatan dari film ini melibatkan 700 artist yang bekerja di perusahaan Illumination Mac Guff’s Paris.

Semoga artikel ini membantu !!