Pada
blog saya sebelumnya saya sudah merivew film animasi The Secret Life of Pets. Film
ini sendiri diproduksi oleh Illumination Entertainment. Pada awalnya rumah
produksi Illumination bekerja sama dengan partner mereka yang berasal dari
Paris bernama Mac Guff Studio membuat film The Lorax. Setelah Film tersebut
sukses dipasaran kemudian diikuti oleh kesuksesan film Despicable Me dan sequelnya
Despicable Me 2.
Illumination Mac Guff menghasilkan CG animasi komputer yang terdiri dari ratusan tibu gambar yang diproses oleh tim seniman mereka dan kemudian diberikan animasi digital untuk membuat setiap frame film. Faktanya, pada film Despicable Me, mereka menghasilkan 142TB data dan lebih dari 100 juta file.
Illumination Mac Guff menghasilkan CG animasi komputer yang terdiri dari ratusan tibu gambar yang diproses oleh tim seniman mereka dan kemudian diberikan animasi digital untuk membuat setiap frame film. Faktanya, pada film Despicable Me, mereka menghasilkan 142TB data dan lebih dari 100 juta file.
Proyek
animasi ini akan berhasil tergantung pada solusi data storage yang
sangat handal dan scaleable dengan kemampuan kinerja yang luar
biasa untuk kapasitas yang cukup besar dan pengambilan media file yang cepat.
Illumination
Entertainment dan Illumination Mac Guff yang sedang menjalani proyek, mereka
harus menangani masalah back-end yang tak terduga dengan solusi data
storage yang sudah digunakan sekarang. Seiring dengan kebutuhan
penyimpanan yang dibutuhkan oleh CG animasi yang terus berkembang, maka hal
ini juga berarti bahwa Illumination Mac Guff juga akan membutuhkan
storage dengan kapasitas yang lebih besar dan kinerja yang lebih besar.
“Kami
tidak akan membayar untuk memiliki sesuatu yang akan menyebabkan delay. Kita
harus memastikan bahwa file – file yang kita miliki selalu available pada saat
proyek berjalan” Ungkap Bruno Mahe, Head of Technology untuk
Illumination Mac Guff "Mengganti storage solution pada saat proyek
berjalan adalah sangat tidak disarankan dalam operasional, namun kita harus
menjamin bahwa existing storage kita dapat melanjutkan support
dan development pada produk mereka. Kita mempunyai banyak requirement dan ingin
untuk memilih solusi yang terbaik untuk dapat lebih maju” Kata Mahe
Solusi
Setelah
mempertimbangkan beberapa produk storage yang potential, Illumination Mac Guff
akhirnya mengkerucutkannya menjadi 2 vendor terpilih. “Kami hanya memilih
vendor yang menawarkan level performance, scalability dan efisiensi yang kami
rasa dapat memenuhi tujuan kami. Teknologi ini akan bekerja dengan semua
software yang di develop oleh Illumination Guff, yang dirasa akan membantu kita
untuk menyelesaikan proyek secara on time dan tetap dalam budget” Illumination
Mac Guff akhirnya memutuskan pilihan pada Networked Storage Solution yaitu
HITACHI NAS Platform 3090 untuk production. Fitur Data Migrator telah dipilih
untuk data movement antara tiers dan HITACHI NAS Platform 3080 telah dipilih
untuk mengukur business continuity.
Solusi ini telah memberikan beberapa benefit sebagai berikut:
Solusi ini telah memberikan beberapa benefit sebagai berikut:
·
Sistem ini mendukung akses dan operasi
sepanjang 24/7, termasuk 109TB production storage, 8000 cores untuk proses
render dan 140TB untuk backup.
· Sistem menyediakan intelligent tiered
storage untuk kumpulan data yang dinamis dan mengembangkan virtualisasi storage
menyelesaikan masalah dari availability dari large-scale file systems. Hal ini
mengurangi biaya operasional.
· Sistem telah menambahkan fungsi file
system dengan capabilities point - to -point data transfer untuk menghindari
kinfolk dan bottlenecks dalam rangka mencapai high performance
· Untuk Disaster Recovery, Illumintation Mac
Guff menggunakan BlueArc JetMirror untuk high speed replication dari data
produk ke Hitachi NAS Platform 3080 yang berlokasi off-site
"HITACHI NAS PLATFORM memberikan kita cost of ownership yang render, protease
data dan solusi storage yang dapat consistent kita andalkan tidak peduli
dimanapun dan kapanpun" Ucap Mahe
Software yang digunakan
Sebelumnya belum ada yang mereview software apa yang
digunakan oleh Illumination untuk membuat film animasinya. Namun melihat dari
hasil dan kerumitannya, menurut saya production house ini menggunakan software
keluaran dari Autodesk.
Autodesk adalah perusahaan software multinasional
Amerika yang membuat software untuk arsitektur, konstruksi, manufaktur, media
dan industri entertaiment. Autodesk sendiri berbasis di San Rafael, California.
Sebenarnya autodesk mengeluarkan banyak sekali
software untuk berbagai macam divisi. Kali ini saya akan membahas divisi media
dan entertaiment, divisi ini membuat software untuk visual effect, color
grading dan editing untuk animasi, maupun pengembangan game. Pada divisi ini
terapat software Maya dan 3Ds Max, keduanya digunakan untuk membuat visual
effect dan pengembangan game.
- Autodesk Maya
Autodesk
Maya atau sering disingkat menjadi Maya, adalah software desain grafis 3D yang
mampu dioperasikan pada Windows, Mac, dan Linux. Pada awalnya software ini
dikembangkan oleh Alias System Corporation (Alias|Wavefront), namun saat ini
berada di bawah Autodesk, Inc.
Sebagai
software untuk membuat animasi 3D dan modeling dapat dikatakan Maya adalah yang
terpopuler –dan sering dikatakan sebagai yang terbaik pada masa kini-, baik
untuk modeling maupun animasi, khususnya character modeling dan animation.
Selain itu, Maya juga sering digunakan untuk mendesain special
effect untuk film.
Software ini
sendiri sangat baik digunakan untuk kamu-kamu berkreasi dan membuat model. Maya
juga memiliki alat simulasi yang memudahkan penggunananya. Tentunya banyak
orang yang memanfaatkannya untuk animasi VFX karena kelebihannya.
·
Autodesk 3D Studio Max
3D Studio Max (kadangkala
disebut 3ds
Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor
3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment
(dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan
dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir
Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds
Max pada Juli 2005 adalah
7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini
telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.
Secara harfiah 3Ds max adalah kakak dari Maya dan
sama-sama keluaran Autodesk. Dalam beberapa sisi, software ini lebih rumit dari
Maya. Namun, cukup mudah digunakan dalam mode script untuk permainan, sehingga
3Ds max biasanya digunakan untuk membuat game.
Director Chris Renaud REVEALS
Berawal dari pertanyaan sederhana CEO Illumination, Chris Meledandri yang
pecinta anjing. Dia bertanya kepada Cris Renaud “Pernah gak sih kepikiran bikin
film tentang kelakuan binatang peliharaan pas kita gak ada dirumah ?”. Kemudian
Renaud memulai dari ide itu dan membuat The Secret Life of Pets. “Tantangannya
itu konsepnya terlalu lebar. Apa yang mereka lakukan ? Apakah mereka memecahkan
misteri ? Kita harus mencari tau itu, tapi kita maunya itu berhubungan, sebuah
perayaan dari hubungan kita dengan binatang peliharaan kita.” Ide itu pertama
didiskusikan pada musim panas 2012 setelah membangun cerita serta karakter, ini
membutuhkan waktu 2 tahun lebih untuk di produksi.
Pembuatan dari film ini melibatkan 700 artist yang bekerja di perusahaan
Illumination Mac Guff’s Paris.
Semoga artikel ini membantu !!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar