Dikerjakan bersama :
Ainur Rohmah Al Adawiyah 58414525
alda-aladawiyah.blogspot.com
Esa Amalia 53414656
maharesadhani.blogspot.com
Harun Al Rasyid 54414826
harunalrasyidabadi.blogspot.com
Haryo Fajar 54414833 haryof.blogspot.co.id
Nur Fadhilah ramadhan 58414209
ramadhannurfadhilah.blogspot.com
Nurdita Rahmafitri 58414207
nurditarahmafitri.blogspot.com
Nofrian Samara
A.
RINGKASAN
EKSEKUTIF
PT BOUQUET BUNGA adalah
perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi yang menyediakan buket bunga
dalam berbagai tipe untuk beragam kebutuhan. Target pasar kami sangatlah luas,
mulai dari remaja sampai orang dewasa. Seperti yang kami ketahui, karangan
bunga saat ini sering kali terlihat melengkapi acara-acara penting dalam hidup.
Seperti ulang tahun, wisuda, pernikahan dan dalam perayaan lainnya. Dalam
rencana pengembangan usaha, kami bergerak baik dalam dunia maya maupun toko.
Dewasa ini, bersamaan dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, kami
melihat peluang yang cukup besar dalam penjualan online. Saat ini kebanyakan
orang lebih memlih hal yang lebih praktis dan cepat tanpa perlu repot. Melalui
penjualan online kami optimis dapat meningkatkan penjualan dengan cukup baik
dan keuntungan yang cukup besar.
1. Visi
dan Tujuan
a.
Visi
Melengkapi kebahagiaan Anda
dengan warna dan kesegaran.
b.
Misi
Kami ada untuk melengkapi hari
bahagiamu menjadi lebih sempurna. Kami bertekad untuk selalu menjaga kesegaran
bunga yang kami jual. Senyum anda adalah semangat kami.
c.
Tujuan
Melayani customer dengan buket bunga yang berkualitas
tinggi dengan harga yang kompetitif.
2. Struktur
Organisasi dan Keanggotaan
-
Tenaga
Produksi : Ainur Rohmah Al
Adawiyah
Nurdita Rahmafitri
Nur Fadhilah Ramadhan
Tenaga
produksi bertanggung jawab dalam hal produksi dan peningkatan kualitas produk.
-
Kurir : Nofrian
Samara
Kurir
bertanggung jawab dalam hal transport, membelanjakan bahan dan mengelola stok
barang yang akan digunakan dalam pembuatan produk.
-
Tenaga
Pemasaran : Haryo Fajar
Harun Al Rasyid
Tenaga
pemasaran bertanggung jawab dalam mengelola tim penjualan, komunikasi dengan
customer, program pemasaran termasuk di dalamnya pameran perdagangan dan
kegiatan promosi.
-
Kasir
: Esa
Amalia
Kasir
bertanggung jawab dalam mengelola semua anggaran biaya perusahaan dan
pendapatan perusahaan.
3. Ringkasan
Kegiatan Pemasaran
Kami menggunakan sosial media
dan toko sebagai sarana utama untuk memasarkan produk kami. Konsumen dapat
memilih tipe buket maupun meminta kami membuat buket bunga yang lebih spesifik
melalui media sosial. Kami akan selalu mengunggah katalog bunga terbaru kami di
sosial media, sehingga konsumen dapat melihat dan mengaksesnya kapanpun dan
dimanapun. Dan untuk konsumen yang membutuhkan bunga saat itu juga, konsumen
dapat mendatangi toko BOUQUET BUNGA.
B.
SITUASI
PERUSAHAAN
PT
BOUQUET BUNGA ini berlokasi di tempat yang strategis dimana orang-orang dapat dengan
mudah menemukannya, yaitu tepatnya di jalan KH Agus Salim, Menteng Jakarta Pusat.Target pasar
dari produk
ini yaitu
masyarakat sekitar,
dari kalangan remaja sampai orang dewasa.Usaha ini
memiliki banyak
pesaingnya terutama di kalangan
mahasiswa namun kami memiliki ide dan inovasi yang kreatif sehingga produk kami
menarik dimata konsumen.
Buket bunga sangat diminati oleh mahasiswa, terlebih saat menjelang wisuda.
Pada saat-saat itu para penjual buket bunga semakin bertambah jumlahnya
sehingga persaingan akan semakin ketat.
C. ANALISA PESAING DAN ISU-ISU
YANG DIHADAPI PERUSAHAAN
1. Analisa
pesaing
Bisnis buket bunga biasa
digandrungi oleh para mahasiswa dan masyarakat sekamir kampus. Terlebih disaat
masa-masa wisuda datang, tak jarang para mahasiswa memiliki inisiatif untuk
membuat bisnis bunga wisuda dadakan dengan tarif bersahabat. Mereka menggunakan
relasi teman dan sosial media untuk mempromosikan dagangan mereka. Bisnis bunga
wisuda yang dilakukan para mahasiswa dalam satu kampus bias berjumlah banyak
tanpa kami ketahui, karena persebaran penjualannya yang hanya pada suatu
kelompok tertentu. Lalu para pembisnis
lokal di daerah kampus menambahkan barang jualan mereka saat masa-masa wisuda.
Kondisi seperti ini dapat menjadi pesaing bagi bisnis kami.
Saat ini, di sekitar kampus
Gunadarma H terdapat beberapa penjual karangan bunga baru yang membuka
usahanya. Dalam waktu beberapa minggu, muncul beberapa penjual lain disekamir
penjual yang lama. Kondisi ini kami sadari sebagai kemudahan dalam memulai
bisnis. Karena itu strategi bisnis, pemasaran, dan harga yang dijual
benar-benar saat kami perhatikan untuk dapat tetap bersaing dengan mereka.
2.
Isu – isu yang dihadapi oleh perusahaan
Perkembangan teknologi memudahkan kami
untuk mempromosikan barang dagangan. Hal ini membuat para pebisnis awam untuk
memulai bisnisnya memanfaatkan sosial
media. Pembuatan akun penjualan yang gratis kemudian harga yang lebih
murah untuk membuat suatu page akun penjualan di social media membuka banyak
persaingan antar bisnis. Mereka lebih memanfaatkan social media atau media
penjualan lain berbasis internet untuk mempromosikan dagangan dibanding dengan
membuat iklan konvensional. Karena langkah tersebut lebih efektif dan murah
namun justru persebaran informasi tentang dagangan mereka lebih luas,
karena media tersebut dapat diakses oleh
siapa saja tanpa terhalang jarak.
D. TUJUAN PEMASARAN
- Mengenalkan produk perusahaan kepada
khalayak masyarakat.
- Meningkatkan keuntungan dan
target volume penjualan perusahaan.
E. STRATEGI PEMASARAN
- Product
Product yang kami tawarkan adalah
bunga untuk segala macam acara. Bunga yang dijual adalah bunga asli yang masih
segar dan masih terjaga kualitasnya. Kami menjual buket bunga yang diinginkan
sesuai dengan kebutuhan customer.
2. Price
Untuk harga setiap jenis produk bisa
lihat dibawah ini.
No.
|
Jenis Bunga
|
Volume Tangkai
|
Harga
|
1
|
Mawar
|
25
50
|
Rp250.000,-
Rp450.000,-
|
2
|
Lili
|
5
10
|
Rp200.000,-
Rp350.000,-
|
3
|
Gerbera
|
25
50
|
Rp250.000,-
Rp450.000,-
|
4
|
Carnation
|
25
50
|
Rp350.000,-
Rp650.000,-
|
5
|
Tulip
|
5
10
|
Rp250.000,-
Rp450.000,-
|
6
|
Anggrek
|
5
10
|
Rp300.000,-
Rp550.000,-
|
Bagian
paling kiri adalah bunga yang kami sudah sediakan dan bagian sebelahnya yaitu
jumlah volume tangkai yang diinginkan. Dan sebelahnya lagi harga satuan setiap
buket bunga. Customer bisa memesan dengan berbagai jenis dalam satu bucketnya.
Sistem pembayaran yang kami sediakan bisa transfer melalui atm atau bias
langsung datang ke toko kami dengan sistem pembayaran cash.
- Promotion
Saat ini kegiatan promosi dilakukan
dengan menggunakan media promosi berbasis teknologi. Hal ini karena kecepatan
dan kemudahan akses bagi para pelanggan. Strategi promosi yang kini banyak
digunakan adalah melakukan melalui website dan media sosial. Penyebaran produk dalam
media sosial ini begitu cepat dan efektif.
Pelanggan yang ada di dalam atau pun di luar negeri dapat mengetahuinya.
Kami memasarkan produk melaui situs
E-Commerce seperti BukaLapak, Lazada, Tokopedia. Tapi kami melakukan promosi
melaui media sosial Instagram dan Facebook yang dinilai lebih efesien. Karena
pelanggan banyak yang sudah menggunakan media sosial instagram. Ataupun melalui
artis instagram kami juga bias memasarkan produk yang kami jual. Pelanggan juga
bias memesan melaui instagram ataupun facebook selain di BukaLapak, Lazada,
Tokopedia.
- Place
Kami
akan mendirikan booth di dekat-dekat kampus atau tempat-tempat yang biasa
digunakan untuk wisuda para mahasiswa. Selain itu, display produk dapat dilihat
di akun resmi PT BOUQUET BUNGA di seluruh toko belanja online di Indonesia
maupun di media sosial Instagram.
F.
KEGIATAN
PEMASARAN
Kegiatan pemasaran
adalah hal terpenting dari suatu badan usaha untuk menjual dan meningkatkan kepercayaan
konsumen pada barang yang akan dijual oleh badan usaha tersebut.
Kegiatan pemasaran
dilaksanakan oleh para tenaga pemasaran kami. Kami melakukan kegiatan pemasaran
menggunakan sosial media sebagai sarana utama untuk memasarkan produk sehingga
konsumen dapat melihat produk buket bunga kami setiap saat kapanpun mereka mau
dan memilih buket manakah yang mereka inginkan.
Tenaga pemasaran akan
memasukkan foto tentang produk-produk terbaru sehingga konsumen dapat
mendapatkan/memilih buket bunga dengan motif/bentuk yang sedang tren di
masyarakat saat ini.
Tenaga pemasaran akan
membantu konsumen bila ada pertanyaan apabila konsumen masih merasa bingung
tentang produk atau pelayanan dari kami, dan akan menampung keluhan dan
testimoni yang diberikan oleh konsumen terhadap produk dan layanan kami
sehingga kami dapat membaca tren buket bunga yang sedang ada di lingkungan
masyarakat. Jam pelayanan customer dimulai dari jam 10.00 pagi hingga jam 22.00
malam.
Tenaga pemasaran akan
memberikan harga yang terbaik kepada konsumen dengan harga yang sangat
kompetitif mungkin sehingga konsumen dapat memilih buket bunga manakah yang
sesuai dengan budget mereka.
Dan kami juga akan
melakukan kegiatan pemasaran berupa pendirian booth-booth di sekitar kampus menjelang
kegiatan wisuda sehingga konsumen dapat memilih dan melihatnya secara langsung
bagaimana kualitas dari buket bunga yang kami bentuk.
Dan pada saat ada
acara wisuda dari suatu universitas kami akan berusaha hadir dan menjual produk
kami di lokasi acara sehingga konsumen dapat membeli buket bunga kami secara on the spot.
G. ESTIMASI ANGGARAN BIAYA
No.
|
Jenis
Barang
|
Volume
|
Harga (Rp)
|
Jumlah(Rp)
|
1
|
Pembelian Bunga
a.
Mawar
b.
Lili
c.
Gerbera
d.
Carnation
e.
Tulip
f.
Anggrek
|
100
20
100
100
20
15
|
Rp4.000,-
Rp35.000,-
Rp4.000,-
Rp5.000,-
Rp40.000,-
Rp50.000,-
|
Rp400.000,-
Rp700.000,-
Rp400.000,-
Rp500.000,-
Rp800.000,-
Rp750.000,-
|
2
|
Pembelian dedaunan
|
1
|
Rp35.000,-
|
Rp35.000,-
|
3
|
Pembelian kain wrapping
|
1
|
Rp65.000,-
|
Rp65.000,-
|
4
|
Pembelian peralatan
a.
Double
Tape
b.
Gunting
c.
Isolasi
d.
Lem
tembak
|
3
3
1
1
|
Rp5.000,-
Rp20.000,-
Rp5.000,-
Rp35.000,-
|
Rp15.000,-
Rp60.000,-
Rp5.000,-
Rp35.000,-
|
5
|
Pengharum bunga
|
3
|
Rp10.000,-
|
Rp30.000,-
|
6
|
Pembelian Pita
-Kecil
-Sedang
-Besar
|
10
10
10
|
Rp500,-
Rp1.000,-
Rp2.000,-
|
Rp5.000,-
Rp10.000,-
Rp20.000,-
|
7
|
Pembelian lain-lain
a.
Kertas
karton
b.
Plastik
c.
Tisu
|
10
25
10
|
Rp8.500,-
Rp1.000,-
Rp10.000,-
|
Rp85.000,-
Rp25.000,-
Rp100.000,-
|
8
|
Bensin
|
1
|
Rp100.000,-
|
Rp100.000,-
|
|
Total
|
|
|
Rp4.140.000,-
|
2.
Anggaran Biaya Pemasaran
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Biaya
|
1
|
Pendirian
Stan/Booth
|
Rp100.000,-
|
2
|
Iklan
media cetak
|
Rp250.000,-
|
3
|
Iklan
media sosial
|
Rp50.000,-
|
|
Total
|
Rp400.000,-
|
3.
Anggaran Biaya Gaji Tenaga Kerja
No.
|
Tenaga
Kerja
|
Volume
|
Biaya
Gaji
|
Total
Gaji
|
1
|
Tenaga Produksi
|
3
|
Rp850.000,-
|
Rp2.550.000,-
|
2
|
Kurir
|
1
|
Rp650.000,-
|
Rp650.000,-
|
3
|
Tenaga
Pemasaran
|
2
|
Rp500.000,-
|
Rp1.000.000,-
|
4
|
Kasir
|
1
|
Rp700.000,-
|
Rp700.000,-
|
|
Total
|
|
|
Rp4.900.000,-
|
Total Anggaran = Anggaran Produksi +
Anggaran Pemasaran + Anggaran Tenaga Kerja = Rp4.140.000 + Rp400.000 +
Rp4.900.000 = Rp9.440.000,-
H.
TARGET
NUMERIK PERUSAHAAN
Perusahaan kami merencanakan untuk mendapatkan target
keuntungan 50%, dengan volume penjualan sebesar 200 unit produk per bulan. Kami
mengeluarkan 20% dari laba untuk biaya anggaran produksi, 2% untuk kegiatan
pemasaran dan periklanan, lalu 50% untuk biaya upah tenaga kerja.