Minggu, 05 Oktober 2014

Ilmu Sosial Dasar

Dampak Masuknya Budaya Asing (Barat) terhadap Masyarakat Indonesia, Khususnya Masyarakat DKI Jakarta. 


Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan bersifat abstrak. 
Westernisasi adalah sebuah arus besar yang mempengaruhi kehidupan suatu bangsa maupun negara yang bertujuan untuk mewarnai kehidupan sehari-hari masyarakat dengan gaya Barat. Westernisasi di Indonesia menurut saya merupakan suatu masalah yang perlu dicermati bersama, karena menyebabkan perubahan terhadap masyarakat. Kebudayaan Barat sudah mempengaruhi segala aspek kehidupan. Masuknya budaya Barat ke Indonesia dipengaruhi oleh adanya globalisasi.
Saat ini begitu banyak kalangan yang bersikap "kebarat-baratan", hanya tampak segelincir masyarakat yang masih mempertahankan kebudayaan Indonesia. Seperti halnya yang kita ketahui, hampir seluruh masyarakat Ibu Kota berpenampilan "kebarat-baratan" dan seakan hal tersebut sudah menjadi gaya hidup bagi kalangan tersebut. 
Umumnya masyarakat Indonesia, khususnya kalangan remaja, berperilaku ikut-ikutan tanpa selektif melihat mana yang baik dan buruk. Sehingga Westernisasi dapat dengan mudahnya menjadi trend di kalangan masyarakat Ibu Kota. 
Dapat kita lihat saat ini banyak terdapat cafe dengan tema Western dan Italia. Dimana pada masing-masing cafe tersebut terdapat menu andalan, contohnya, pada cafe atau restoran Western yang sering kita jumpai di Jakarta, mereka menyediakan menu ala Amerika dan Inggris, seperti, Steak dan menu American Breakfast. Sedangkan pada cafe atau restoran Italia, akan menyajikan menu Pasta. 
Seakan maraknya cafe dan restauran yang bertemakan Barat tersebut belum cukup, muncul lagi masalah fashion. Bagi sebagian orang, mereka akan menganggap diri mereka tidak fashionable ketika mereka tidak menggunakan baju dengan gaya Western. Seperti saat ini sedang marak perempuan menggunakan kaos crop top atau kaos dengan potongan pendek dibagian atas. Tidak jarang juga kita temui banyak perempuan yang menggunakan tank top untuk keseharian, padahal di negara barat sendiri, tank top hanya digunakan pada saat musim panas. 
Parahnya, saat ini melihat perempuan yang merokok sudah dianggap wajar. Dan seperti yang kita tau, Jakarta adalah kota yang tidak pernah tidur. Tak jarang orang Ibu Kota melakukan aktifitas malam seperti yang sering dilakukan oleh orang-orang Barat. Seperti datang ke klub malam untuk tujuan clubbing dan minum-minuman keras. 
Tapi, terdapat hal positif juga dalam masalah ini. Seperti Teknologi yang semakin canggih dan dapat membawa Indonesia sebagai negara berkembang. Dibantu dengan adanya media sosial, masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang satu langkah lebih maju. Karena kita dapat memperoleh informasi dengan mudah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar